Senin, 26 Juli 2010

membuat bootable flash disk

membuat Boootable install Windows XP di Flash Disk

download gratis programnya dulu, Extract filenya, kurang lebih seperti ini.

masukan cd windows xp ke cd/dvd drive
siapkan flash disk kapasitas diatas 2 GBbackup data anda yang ada di flash disk ke hardisk (copy paste aja)Setelah di Extract, Jalankan Bootable USB Flash Disk.bat, muncul tampilan dos/command Promt seperti dibawah ini
“Pres any key to continue….” tekan enter. muncul tampilan lagi
tekan tombol "P", muncul tampilan PeToUSB, perlu di ingat Jendela command Promt nya jangan di tutup. di jendela PeToUSB beri nama flash disk anda.
klik "start" untuk memformat flash disk, lalu muncul jendela Pop Up “Continue?” klik “Yes”. Muncul jendela Pop Up lagi “Are You Sure You Want To Continue?” klik “Yes”. setelah selesai format, tutup jendela PeToUSB.
kembali ke command promt, klik pada jendela command promt, lalu muncul beberapa opsi angka dan huruf.
tekan tombol "1" lalu enter, untuk mencari cd/dvd drive anda yang ada cd windowsnya, pastikan blok kursor tepat di local drive cd/dvd (jangan di folder windows atau folder lain).
klik "ok". muncul jendela pop up seperti dibawah ini
klik "No", sehingga nantinya tidak perlu memasukan serial number dan ketentuan lain. Isi nama pada jendela Give Owner Full Name,
Isi nama organisasi,
Isi Serial Number Windows XP dan jangan sampai keliru,
Isi nama Komputer,
Isi Administrator Password atau di kosongkan. lebih baik di kosongkan,
Isi format waktu misalnya untuk asia isi dengan angka 205,
Isi Workgroup atau biarkan saja, terakhir klik oke.
kembali ke command, maka pada opsi 1, source windows akan terisi lokasi drive cd/ dvd anda. tekan tombol "2". lalu enter, untuk mencari drive flash disk anda.
klik "ok", kembali ke command, maka pada opsi 2, destination usb flash akan terisi sesuai drive flash disk anda.
tekan tombol "3", tunggu sampai proses pengcopy an selesai.
muncul jendela pop up, klik "yes"
muncul lagi jendela pop up, klik "yes". Kembali ke Command Promt, muncul “Pres any key to continue….” tekan enter, maka jendela command akan tertutup.
otomatis selesai sudah.

et, tunggu dulu. buka file di flash disk anda, pilih semua file yang ada, lalu buat file-filenya hiden and read only. lalu buat folder baru dan copykan kedalam folder itu file-file anda.
restart komputer, masuk ke bios booting setup nya, buat setup 1 nya usb flash. simpan configurasi.

ketika booting maka akan muncul tampilan beberapa opsi, pilih TXT Mode, lalu tekan enter. setelah selesai instalasi 1, komputer kembali restart.

untuk penginstallan ke 2, Biarkan saja proses booting berjalan pada Menu GUI Mode no 2, jangan pilih mode TXT lagi. Sampai di sini proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya. Bila proses instalasi telah selesai, silahkan restart dan kembalikan settingan pada BIOS, Set Hard Disk.

nah ini baru mantap........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar